Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Puncak El Nino, DKPTPHP Kabupaten Sanggau Harap Tak Berdampak Pada Produksi Petani

Sanggaupost
37
×

Puncak El Nino, DKPTPHP Kabupaten Sanggau Harap Tak Berdampak Pada Produksi Petani

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau Kubin mengatakan bahwa saat ini secara iklim mulai memasuki puncak El Nino atau puncak hujan terendah tepatnya di bulan September Oktober 2023.

“Dampak El Nino akan mulai berkurang pada November 2023 dan bahkan sampai April 2024. Namun demikian, mudah-mudahan musim El Nino saat ini tidak terlalu besar dampaknya terhadap produksi padi dan sayur-sayuran petani,”kata Kubin, Rabu 20 September 2023.

Example 300x600

Di beberapa Kecamatan di Kabupaten Sanggau lanjut Kubin, ada petani yang sedang panen padi, khususnya di lahan sawah. Bahkan dari kelompok tani tersebut juga mengundang pihaknya untuk menghadiri panen padi tersebut. “Seperti di Kecamatan Jangkang dan Desa Bantai, pekan lalu mereka juga ada mengundang panen di Kembayan,”ujarnya.

Kubin mengatakan, ada kemungkinan musim kurang hujan ini akan tetap terjadi di September dan Oktober 2023, dianalisa dari adanya serangan hama. Ketika musim kurang hujan cukup tinggi, cenderung dominan serangan burung pipit dan empangau.

“Kemarin ketika di Muara Dua, kita mendapatkan laporan serangan ada burung pipit yang bisa mencapai 30 persen menyerang buah padi petani. Kemudian di laporkan juga di Desa Bantai, juga ada serangan burung pipit, tapi saya belum dapat informasi lebih lanjut,”tuturnya.

Kejadian ini menjadikan pengalaman pihaknya untuk tahun depan, jika ada serangan burung pipit seperti ini dan sepanjang tak mampu lagi dikendalikan secara organik maka tak menutup kemungkinan akan menggunakan pestisida, herbisida atau pengendali hama secara kimia.

Kemudian, terkait dengan lahan kering, dari Agustus 2023 para petani sudah mulai tanam padi varitas lokal yang umur panennya bisa 6 bulan.

“Lahan kering ini juga sangat mendukung produksi padi di Sanggau, karena tidak semua masyarakat di pedesaan mempunyai lahan sawah,”tuturnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *